Sekayu, Infosekayu.com - Berbicara tentang Jajanan masa kecil anak 90-an yang sering kita nikmati, maka waktu kecil dulu jajanan apa yang kupek atau kuyung jadikan sebagai favorit dahuluh ? Atau jangan-jangan Kuyung & Kupek sudah lupa jajan apa saja yang biasa kita makan dahulu. Kalau lupa, Infosekayu.com hadirkan kembali jajanan-jajanan yang eksis banget di masanya. Dijamin  pasti rindu sama info yang kami sajikan berikut ini.

1. Es lilin/ Es Bungkus 
 
Es Bungkus warna- Warni

Di beberapa daerah, es ini disebut dengan nama es lilin karena bentuknya yang menyerupai lilin. Panjang dan diikat di ujungnya. Persis seperti lilin dengan sumbu tali di tengahnya. Di daerah lain mungkin es ini memiliki nama yang berbeda. Ada banyak varian rasa dan warna untuk es ini karena cukup mudah untuk membuatnya. Cara makannya ikatan karetnya dibuka dan disedot es nya atau digigit. Ada juga yang suka makan dari ujung plastik.

2. Balon tiup
 
Balon Tiup yang Laris Manis di Masa anak 90-an

Sebenarnya ini bukan termasuk jajanan dalam bentuk makanan. Tapi jaman dulu kita rela merogoh uang dan nggak jajan demi membeli barang yang satu ini. Masih ingatkah kuyung dan Kupek sama balon yang satu ini? Kebiasaan sebelum meniup, balonnya ‘dibasuh’ dulu dengan air liur. Habis itu barulah ditiup, balonnya ditempel ke muka seolah-olah jadi topeng. dan untuk anak-anak 90-an pasti pernah mengalami masa ini.

3. Es kue/ Es Agar-agar busa
 
Es Agar-agar Busa

Ada juga yang menyebutnya es roti. Es kue yang dijual warnanya persis seperti pelangi, merah kuning hijau. Es ini dikemas dengan plastik warna bening. Butuh pengorbanan besar pas beli karena ngantri dan berdesak-desakan sama anak kelas lain. es ini zaman 90-an terbilang es yang begitu mewah bagi kita-kita yang lahir atau menikmati masa kecil di tahun 90-an.

4. Permen karet Yosan
 
Permen Yosan yang Murah Meriah

Permen karet superlegendaris ini konon katanya nggak pernah ditemukan huruf N nya. Ada yang bilang kalau pabriknya sengaja nggak bikin huruf N. Sebenarnya, permen karet ini rasanya biasa saja. Berhubung harganya murah dan iming-iming hadiah, jadi begitu banyak yang beli. Hayo Kuyung-kupek kira-kira ada nggak di antara kalian semua yang mengincar hadiah dari permen yosan.

5. Mie lidi
 
Permen Lidi yang suka dijual di SD zaman 90-an

Ayo Kuyung dan Kupek  ngaku siapa dulu yang kepedesan banget karena makan mie lidi? Mie lidi tersedia dalam dua rasa, asin dan pedas. Kebanyakan dari kita lebih memilih yang pedas karena rasanya lebih nikmat. Kebiasaan setelah makan mie lidi, plastiknya pembungkusnya nggak langsung dibuang. Tapi dibalik dan disedot sampai bumbunya bener-bener abis – pengalaman penulis mungkin kamu juga ya. Sungguh dosa besar kalau membuang plastik mie lidi yang masih banyak bumbunya, istilah anak zaman itu.

6. Permen Jagoan Neon
 
Permen Jagoan Neon yang Populer dengan sebutan "Pendekar Biru"

Semua permen yang bikin lidah berwarna adalah permen favorit anak-anak. Dan yang paling laris saat itu adalah jagoan neon. Lidah kamu bisa berubah warna jadi merah, hijau, oranye, atau biru! teman-teman paling suka warna biru karena warna lidah berubah jadi ekstrim banget. Udah gitu kita makannya nggak cuma di lidah tapi dioleskan di bibir kayak pakai lipstick. Biar bibirnya ikutan biru juga.

itulah informasi ke enam jenis makanan atau jajanan anak 90-an yang populer di kota Sekayu dan sekitarnya versi Infosekayu.com, yang mana sebenarnya ada puluhan jenis lainnya. Tetapi  disini Infosekayu.com merangkum jajanan yang paling populer atau sering kita temui di tahun 90-an khususnya di Sekayu dan sekitarnya bahkan tidak menutup kemungkinan  bisa jadi untuk seluruh Indonesia . (ZP)
Share To:

redaksi

Post A Comment: