Sekayu, Infosekayu.com  – Ikan Baung memiliki bentuk fisik agak mirip Lele. Hanya saja ikan ini memiliki kulit yang lebih halus dan perawakan ramping. Saking rampingnya, nama lain ikan ini adalah Ikan Duri. Baung adalah ikan air tawar yang bisa ditemukan di hulu sungai hingga hilir muara. 


Ia memiliki sifat nocturnal, yang artinya lebih aktif bergerak saat malam hari. Ada ciri khusus agar anda tidak salah mengenali ikan satu ini, yaitu ia memiliki tubuh yang licin tanpa sisik. Yang wilayah hidupnya banyak ditemukan di daerah Kalimantan dan Sumatera terkhusus di Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Musi Banyuasin.

Satu keunikan Ikan Baung, ternyata ikan ini digemari masyarakat karena serat dagingnya yang lembut, rasanya gurih, dan harganya terjangkau. Tak heran ikan ini sangat terkenal di daerah Sumatera, Kepulauan Riau, dan Kalimantan. Selain itu, kandungan gizi dan nutrisinya juga amat banyak. 

Antara lain dapat mencegah penyakit Anoreksia, yaitu penyakit yang menyerang nafsu makan, sehingga seseorang, terutama perempuan seringkali tidak doyan makan, hingga tubuhnya menjadi sangat kurus. Anda juga harus memperhatikan manfaat Ikan Baung yang lainnya, sebagai berikut:

Manfaat Ikan, Kandungan Gizi Ikan, Khasiat Ikan Baung
10 Manfaat dan Khasiat Ikan Baung untuk Kesehatan
 
1. Sumber Protein Hewani
Protein hewani adalah protein yang didapatkan dari binatang. Protein hewani sangat baik untuk kesehatan tubuh karena bisa melengkapi kebutuhan gizi lainnya. Ikan baung kaya dengan protein maka dari itu ikan ini cocok dimasukkan ke dalam daftar nutrisi harian anda.

2. Sumber Kalori

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung bagaimana proses metabolisme di dalam tubuh. Semakin banyak orang beraktivitas maka semakin banyak kalori dibutuhkan. Sehingga ia harus makan yang sesuai dengan jumlah kebutuhan kalorinya. Karena kalau tidak, maka organ tubuh bisa drop, misalnya dia menjadi sangat kurus. Ikan baung mampu menjadi sumber kalori karena ikan ini memiliki manfaat untuk menambah energi.

3. Khasiat Ikan Baung Mengandung Lemak HDL untuk Memberantas Lemak LDL

Lemak HDL adalah lemak yang baik untuk kesehatan tubuh karena Lemak ini sifatnya tidak jenuh sehingga tidak mengendap dan menempel di dinding pembuluh darah. Lemak HDL juga memiliki fungsi sebagai penyapu lemak jahat LDL. Ketika lemak LDL menyingkir dari tubuh Anda maka anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol.

4. Manfaat Ikan Baung Membuat Nafsu Makan Meningkat


Beberapa orang memikirkan caranya menurunkan berat badan. Namun orang lain justru memikirkan bagaimana caranya meningkatkan berat badan, ketika seseorang ingin gemuk otomatis dia harus membuat nafsu makannya menjadi meningkat agar dia menjadi lebih banyak makan. Sehingga semakin banyak nutrisi yang diserap tubuh. Dan tubuh pun menjadi gemuk. Baung sangat cocok untuk terapi penyembuhan penyakit anoreksia.

5. Meningkatkan Hormon Kewanitaan dan Pria
Manfaat ikan baung juga terlihat dari bagaimana ia bisa mempengaruhi kadar hormon terutama hormon perempuan dan hormon laki-laki.

6. Membuat Kulit Jadi Halus

Bila anda menginginkan kulit yang halus, caranya sangat mudah cukup makan saja ikan baung yang diolah menjadi ikan goreng ataupun ikan bakar. Karena ikan lele mengandung banyak vitamin B dan vitamin C yang sangat bagus untuk kulit.

7. Mencegah Penyakit Asma


Asma adalah penyakit penyempitan saluran nafas sehingga menyebabkan penderitanya mengalami sesak nafas. Ikan Baung bisa mengatasi penyakit ini. Anda juga bisa melihat jenis ikan lain di sini, yang bisa digunakan untuk penyembuhan asma.

8. Manfaat Ikan Baung Mencegah Kanker Usus

Satu yang perlu diketahui sel kanker bisa tumbuh di manapun termasuk usus. Maka dari itu anda harus berhati-hati menjaga saluran pencernaan agar terhindar dari kanker usus. Anda bisa mencoba makan ikan baung dimana ikan ini memiliki serat daging yang halus. Sehinga membuat usus terhindar dari iritasi yang memungkinkan terjadinya mutasi sel.

9. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Luka terkadang susah sembuh karena banyak faktor, misalnya karena lambatnya regenerasi sel, biasanya karena faktor buruknya darah yang rendah trombosit. Manfaat Ikan Baung bisa menyembuhkan luka ini.

10. Sebagai Mood Stabilizer (Penstabil Mood)

Obat Penstabil Mood susah didapat seseorang karena butuh resep dokter. Beda dengan Mood Stabilizer alami, yang berasal dari makanan, terutama ikan Baung. Untuk mendapatkannya anda hanya perlu ke pasar Ikan.

Begitulah manfaat dan khasiat Ikan Baung untuk kesehatan. Anda jangan ragu lagi mengonsumsi ikan dari suku Bagridae ini karena terbukti khasiatnya juara. Namun anda juga jangan sampai menyampingkan manfaat ikan lainnya, karena seluruh jenis ikan yang bisa dimakan, sesungguhnya baik untuk kesehatan. (Mel)
Share To:

redaksi

Post A Comment: