PLAKAT TINGGI, infosekayu.com - Warga Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan mayoritas transmigran, menggelar ritual Sedekah Bumi berupa Nasi Tumpeng dan hiburan musik campur sari yang dilakukan oleh masyarakat setempat secara swadaya bertempat di Desa Air Putih Ulu Kecamatan Plakat Tinggi, Selasa (31/10/2017).
 
Dalam sambutan Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin menyampaikan ucapan terimakasih telah diterima dengan baik, penuh keramahan yang luar biasa dan ramai dihadiri oleh masyarakat setempat. Bupati juga mengapresiasi telah terlaksananya sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat dari Sang Maha Pencipta.
 
"Sedekah Bumi merupakan acara yang sangat baik dan harus dilestarikan maka dari itu dibuatkan secara resmi, masukkan di program kerja jangan secara swadaya saja, ini merupakan tradisi dengan tujuan berserah kepada Sang Pencipta, ucapan syukur atas segala rezeki dan nikmat yang dilimpahkan, sehingga kita siap mengisi pembangunan di daerah, "tukasnya.
 
Dodi juga mengatakan, "untuk diketahui 36 tahun yang lalu, berduyun-duyun masyarakat dari pulau seberang datang ke Muba dengan harapan agar anak cucu sejahtera, oleh karena itu harapan tersebut harus kita jaga, tahun 2018 kita akan melakukan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran termasuk di Kecamatan Plakat Tinggi, berupa pembangunan jalan, listrik dan air bersih, "ujarnya.
 
"Selain itu juga kesejahteraan bagi petani kelapa sawit dan karet untuk diperhatikan, salah satu program yang telah Pemkab Muba lakukan ialah peremajaan untuk kelapa sawit, nantinya akan ada juga usulan peremajaan karet yang telah disetujui juga oleh Presiden, nantinya mengenai harga karet yang turun, akan diciptakan aspal berbahan dari karet, sehingga nilai jual karet bisa tinggi, yang terpenting masyarakat sejahtera, dengan penuh semangat masyarakat saya yakin bisa, mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk mensejahterakan anak cucu kita nanti", ujar orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate.
 
Laporan Ketua Pelaksana, Sukarji menyampaikan ucapan terimakasih kepada Jajaran Pemkab Muba dan tokoh masyarakat yang telah hadir pada hajatan Sedekah Bumi. Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. 
 
"Acara silaturahmi dengan masyarakat, Zikir dan Doa bersama yang dirangkum dalam Kegiatan Sedekah Bumi Transmigrasi ke 36 dan sekaligus Hari Jadi Kecamatan Plakat Tinggi ke 12 tahun 2017, Semoga dengan sedekah bumi ini menjadikan Kecamatan Plakat Tinggi dengan masyarakatnya selalu dikaruniai kesehatan dan kesejahteraan selalu,"ucapnya.
 
Sementara itu, Camat Plakat Tinggi, Siswandi dalam sambutannya mengatakan,  mudah-mudahan Kecamatan Plakat Tinggi lebih maju berjaya untuk mendukung Visi dan Misi Kabupaten Muba. Dilaporkannya, Kecamatan Plakat Tinggi ada inovasi baru, yaitu akan mendirikan sekolah peternakan sapi dan ada organisasi masyarakat disebut Plazenta (Plakat Tinggi Zona Petani Peternakan Sapi). 
 
"Berdasarkan ide usulan masyarakat yang terhimpun dalam organisasi Plazenta dibawah binaan Bupati langsung sebagai Dewan Penasehat akan mendirikan bank sapi, diharapkan bisa berjalan dan membantu masyarakat agar tidak lagi impor sapi dari luar sehingga sapi bisa dihasilkan dari Plakat Tinggi, dari rencana ini sudah disiapkan lahan seluas 26 hektar tinggal pelaksanaan, kami berharap dengan dukungan dari Pemkab Muba tahun 2018 bisa terlaksana, "harapnya.
 
Acara turut dihadiri Ketua, Wakil dan Sekretaris TP PKK Kabupaten Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza, Susi Imelda Beni Hernedi dan Hj Halimah Rusli. Beserta staf ahli Bupati dan Organisasi Perangkat Daerah terkait. (humas)
Share To:

redaksi

Post A Comment: