Infosekayu.com - Pamerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mengaktifkan kelompok kerja operasional dan gerakan serentak pemberantasan demam berdarah dengue menghadapi musim hujan 2017.


"Penyakit demam berdarah dengue (DBD) menjadi permasalahan kesehatan pada setiap musim hujan. Untuk melindungi masyarakat dari serangan penyakit itu perlu diaktifkan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) DBD dan Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Senin.Menurut dia, DBD setiap tahun menjadi masalah kesehatan masyarakat sehingga menjadi perhatian pihaknya melakukan beberapa program yang dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Dengan mengaktifkan Pokjanal dan Gertak Pemberantasan Sarang Nyamuk penyebab DBD diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit yang selama ini meningkat pada setiap musim hujan.Untuk mengoptimalkan kegiatan pemberantasan DBD itu, diinstruksikan kepada seluruh camat, kepala desa, dan lurah yang ada di kabupaten ini untuk turun ke lapangan bersama masyarakat bergotong royong melakukan berbagai kegiatan yang dapat mencegah mewabahnya penyakit tersebut, kata Wabup.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin dr Taufik Rusydi menambahkan pihaknya terus berupaya melakukan penyuluhan kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan perilaku hidup sehat dan kemandirian dalam pengendalian penyakit DBD.Pokjanal DBD dan Gertak diupayakan aktif di 14 kecamatan sehingga dapat meminimalkan munculnya kasus DBD sepanjang musim hujan enam bulan ke depan, kata Taufik.(ss)
Share To:

redaksi

Post A Comment: