INFOSEKAYU – Dalam rangka memperkenalkan lingkungan sekolah dan sekaligus memberikan pembekalan kepada para siswa barunya, pihak sekolah SMA Negeri 2 Tungkal Jaya, Musi Banyuasin menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).


Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari berturut-turut yakni Senin – Kamis (15-18/7/2019) tersebut, diisi dengan berbagai macam materi yang difokuskan pada pengembangan karakter sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 saat ini.

Tak tanggung-tanggung, pihak sekolah mendatangkan trainer langsung dari Kota Palembang, Drs. Gusjandjara Arni, MSi.

Kepala SMA Negeri 2 Tungkal Jaya, Mustain, SPd, MM, mengatakan bahwa, kegiatan MPLS tahun ini yang diikuti 155 peserta didik baru, menghadirkan suasana yang berbeda dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini kami langsung mendatangkan top trainer dari Kota Palembang, Bapak Gusjandjara Arni untuk mengisi berbagai materi yang bertujuan untuk mengembangkan karakter peserta didik,” ujarnya.



Materi yang disampaikan pun, lanjut dia, dikemas sesuai tuntutan zaman milenial yang lebih menyenangkan, kreatif, sehingga para siswa menjadi lebih mengetahui siapa dirinya.

yang beberapa hari yang lalu mendapat prestasi Gugus Depan Pramuka SMA Negeri 2 Tungkal Jaya mendapatkan Akreditasi A mengatakan bahwa,

Sementara itu, Ketua Pelaksana MPLS Nanang Rimbo, SPd, menambahkan, selain bertujuan untuk pengembangan karakter peserta didik, dewan guru pun dapat ikut belajar bagaimana cara mengembangkan karakter peserta didik ketika proses pembelajaran di kelas nantinya.

“Kegiatan hari ini kita kemas dengan materi yang disampaikan secara indoor dan outdoor dalam berbagai sesi. Fokusnya pada kegiatan edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai rumah belajar yang menyenangkan,” tambahnya lagi.

Dalam kegiatan selama empat hari tersebut, peserta didik baru dibagi dalam 15 kelompok, yang ditugaskan untuk mengumpukan puluhan medali yang telah disiapkan oleh OSIS sekolah.

“Semua kegiatan yang dilaksanakan menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru dan mengembangkan interaksi positif untuk semua warga sekolah,” imbuh Nanang lagi.

“Selain itu, nilai-nilai kejujuran, kemandirian, sikap saling menghormati dan menghargai keberagaman dan persatuan, disiplin diri, hidup bersih dan sehat pun menjadi prioritas dalam setiap kegiatan,” sambungnya.



Sementara itu, salah seorang guru SMAN 2 Tungkal Jaya, Tito Nurdiyanto, SPd, Gr, mengungkapkan kegembiraannya dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MPLS di tempatnya mengajar.

“Saya banyak belajar bagaimana cara mengembangkan karakter dan juga protensi peserta didik yang akan mendukung proses pembelajaran nantinya. Semoga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik,” ungkap Alumni FKIP Unsri yang juga guru baru di sekolah tersebut.

Di akhir kegiatan, Petra Melki Sedek dari SMP Negeri 1 Tungkal Jaya yang dinobatkan sebagai Peserta MPLS Terbaik Putra tahun 2019. (rel/Humas SMAN 2 Tungkal Jaya)

Share To:

redaksi

Post A Comment: