Infosekayu.com - Perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing Kuaishou baru-baru ini memicu kemarahan di media sosial China. Hal ini terjadi setelah video pengatur waktu digital alias timer ditaruh di atas toilet karyawan menjadi viral online.

Foto-foto tersebut menunjukkan timer tergantung di setiap bilik. Selain itu ada sensor kecil yang dipasang di bilik pintu untuk memicu pengatur waktu. Alhasil tindakan inilah yang memicu kontroversi di dunia maya.

Pengguna media sosial China mengecam perusahaan karena memantau dan mengatur waktu pekerja kantorannya di toilet. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan perusahaan.

Bahkan beberapa netizen menyebut praktik seperti ini sudah masuk sebagai pelanggaran hak asasi manusia dan privasi. Sementara di sisi lain beberapa netizen juga membela perusahaan.

Mereka mengatakan bahwa beberapa karyawan menyalahgunakan istirahat di kamar mandi. Mereka menggunakannya sebagai kesempatan untuk menelepon pada saat berada di toilet.

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Senin (2/11/2020), reaksi online netizen umumnya negatif dan akhirnya Kuaishou memberikan penjelasan dalam upaya mereda para netizen yang membahas masalah ini.

Dalam siaran pers resmi, platform berbagi video online dan mengklaim bahwa penghitung waktu tidak dimaksudkan untuk membatasi penggunaan toilet karyawan. Alat itu justru digunakan sebagai solusi untuk masalah kekurangan toilet yang serius.

Gedung perkantoran Kuaishou dilaporkan mengalami kekurangan toilet. Hal ini disebabkan karena tata letaknya, sehingga fasilitas baru tidak dapat dibangun. Oleh karena itu perusahaan mengatakan memutuskan untuk memasang pengatur waktu.

Tujuannya juga berfungsi sebagai penghitung, untuk melihat berapa banyak orang yang menggunakan toilet dan untuk berapa lama. Nantinya cara ini untuk menentukan berapa banyak toilet portabel yang perlu dipasang untuk menampung stafnya.

Meskipun penjelasan tersebut masuk akal, banyak pengguna media sosial tetap tidak yakin. Beberapa mengklaim bahwa perusahaan hanya tertarik untuk meningkatkan keuntungannya dengan cara apa pun yang diperlukan.

Pemantauan penggunaan toilet karyawan tidak pernah terdengar di China. Satu perusahaan di Shanghai membatasi penggunaan toilet karyawan hingga total 10 menit setiap hari. Sementara yang lain memantau berapa banyak waktu yang dihabiskan karyawan di toilet.

Sumber :okezone

Share To:

redaksi

Post A Comment: