Infosekayu.com _ Istilah crazy rich belakangan ini kerap didengar dan disematkan pada mereka yang memperlihatkan kekayaan di media sosial.

Barang-barang bermerek, mobil impor, dan rumah mewah seolah menghibur dan memanjakan mata penontonnya.

Julukan Crazy Rich sendiri disematkan pada orang-orang yang dianggap kaya, punya banyak bisnis sukses, dan memiliki barang-barang mewah.

Di antaranya adalah Doni Salmanan dan Indra Kenz yang kini tersandung masalah hukum kasus Quotex dan Binomo.

Keduanya dianggap sebagai pemuda yang sukses menjadi miliader di usia yang terbilang cukup muda, belum 30 tahun.

Tidak seperti para "crazy rich dadakan" tersebut, baru-baru ini majalah Forbes merilis daftar terbaru orang terkaya di Indonesia tahun 2022.

Berdasarkan laporan majalah tersebut pada bulan Februari lalu, rata-rata orang tajir di Indonesia kekayaannya mencapai miliaran dolar AS dan didominasi kalangan pengusaha.

Dalam daftar tersebut tentunya berisi nama-nama "the real crazy rich" yang harta kekayaannya bernilai fantastis mencapai miliaran dolar AS.

Siapakah mereka? sosok yang masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia tahun 2022 versi Forbes:

1. R. Budi & Michael Hartono

Saudara Budi Hartono dan Michael Hartono menempati urutan pertama dari 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2022 versi majalah Forbes.

Kekayaan yang mencapai Rp 609 triliun diperoleh dari Bank Central Asia (BCA), bisnis rokok Djarum, hingga brand elektronik populer Polytron.

2. Keluarga Widjaja

Ada di peringkat kedua adalah keluarga Widjaya, pemilik Sinar Mas Group dengan total kekayaan 9,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp138 triliun.

Perusahaan Sinar Mas yang bergerak di bidang kertas, real estat, jasa keuangan, perawatan kesehatan, agribisnis, dan telekomunikasi.

3. Anthony Salim & family

Anthoni Salim mengepalai Grup Salim dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi.

Salim adalah CEO Indofood, salah satu pembuat mie instan terbesar di dunia yang memiliki nilai hingga $5,8 miliar.

Keluarga Salim memiliki saham di perusahaan investasi yang terdaftar di Hong Kong, First Pacific, yang memiliki aset sebesar $27 miliar di enam negara.

Anthoni adalah anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Liem Sioe Liong atau Sudono Salim, seorang taipan yang selama puluhan tahun sangat dekat dengan presiden Suharto.

Pada tahun 1998, tepat setelah jatuhnya Suharto dari kekuasaan, Salim kehilangan Bank Central Asia.

Kekayaan Anthony Salim dan keluarga ditaksir hingga mencapai $8,5 miliar atau Rp121 trilliun.

4. Sri Prakash Lohia

Pengusaha kelahiran India ini masuk dalam peringkat empat orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan 6,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 88 triliun.

Lohia merupakan pemilik sebuah perusahaan tekstil dan petrokimia. Perusahaannya memproduksi serat poliester dan resin polyester bottle-grade (PET) tahun 1995.

5. Prajogo Pangestu

Putra seorang pedagang karet, Prajogo Pangestu memulai bisnis kayu pada akhir 1970-an dan kini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia menurut majalah Forbes.

Pundi-pundi kekayaan nya berasal dari perusahaan Barito Pacific yang mengakuisisi 70 persen dari perusahaan petrokimia Chandra Asri pada tahun 2007.

6. Chairul Tanjung

Pengusaha yang mendapat julukan anak singkong ini diketahui memiliki kekayaan 5,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 78 triliun.

Chairul Tanjung merupakan pemimpin CT Corp yang memulai bisnisnya dari nol. Lahir dari keluarga yang pas-pasan, saat kuliah Chairul Tanjung sekaligus harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan.

7. Susilo Wonowidjojo

Berikutnya ada Susilo Wonowidjojo dan keluarga yang meraih kekayaan fantastis dari perusahaan rokok Gudang Garam yang memproduksi 90 miliar batang pada 2019.

Ayahnya, Surya, yang memulai bisnis tembakau dengan pamannya mendirikan Gudang Garam pada tahun 1958. Kini, Gudang Garam berekspansi ke bidang infrastruktur termasuk pembangunan jalan tol pada 2019, serta membangun Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur.

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan yang memiliki gelar doktor di bidang farmakologi menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Dia mendirikan Kalbe Farma di sebuah garasi pada tahun 1966 bersama lima saudara kandungnya dan kini menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

9. Jogi Hendra Atmadja

Orang terkaya di Indonesia berikutnya adalah Jogi Hendra Atmadja kepala grup Mayora, salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia.

Perusahaan ini menjual kopi, sereal, permen, biskuit dan masih banyak lagi. Beberapa merek produk seperti Kopiko, Danisa dan Roma telah diekspor ke lebih dari 100 negara.

10. Bachtiar Karim

Bersama saudaranya Burhan dan Bahari, Bachtiar Karim menjalankan bisnis melalui Musim Mas, sebuah perusahaan kelapa sawit.

Keluarganya membuka kilang minyak sawit pertama di Indonesia pada tahun 1970 dan Musim Mas secara resmi didirikan dua tahun kemudian.

Bachtiar Karim tercatat pernah membeli Royal Darby Park Executive Suites seharga 117 juta dolar AS (Rp 1,6 triliun) dari Royal Group milik miliarder Singapura Asok Hiranandani pada Oktober 2019.

Sumber : harian haluan 

Share To:

redaksi

Post A Comment: