SEKAYU, INFOSEKAYU.COM  - Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP mengapresiasi peran pers sebagai pilar keempat penyelenggaraan demokrasi, khususnya dalam membangun Kabupaten Muba.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Muba dalam kegiatan Syiar Safari Ramadhan 1443 H atau 2022 M yang menghadirkan unsur wartawan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi massa, dan aktivis, di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (21/4/2022).

Menurutnya pers sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, selain eksekutif, legislatif, dan yudikatif, untuk mengontrol dan menginformasikan kepada masyarakat.

"Peran pers tidak bisa kita hindari lagi di era sekarang, pers menjadi pengontrol bagaimana kekuasaan diselenggarakan, termasuk LSM dan para aktivis," ujarnya dalam kegiatan yang diawali shalat isya dan tarawih berjamaah tersebut.

Ditengah pesatnya perkembangan zaman dan penyebaran informasi yang tak terbatas lanjutnya, pemerintah membutuhkan kehadiran pers dalam  menciptakan masyarakat yang sehat dalam mencerna informasi.

Menurut Beni, pada era digitalisasi seperti sekarang yang marak dengan informasi media sosial, siapapun bisa menjadi “wartawan”, termasuk masyarakat. Tetapi tanpa pengetahuan yang cukup informasi yang disampaikan tidak berpedoman pada kode etik. Hal itu yang menjadi perbedaan dengan wartawan profesional.

"Dengan medsos siapapun bisa menjadi wartawan, tapi apabila informasi yang disampaikan tidak terverifikasi kebenarannya akan memberikan kegaduhan dan dampak yang negatif untuk masyarakat, disinilah peran jurnalis, untuk memverifikasi informasinya," kata Beni.

Ketua Umum DMI Muba ini juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para dewan pers, aktivis dan penggiat organisasi sipil yang telah memberikan dukungan dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Muba, karena masa jabatan yang saat ini ia emban akan berakhir pada 22 Mei 2022 mendatang.

"Semoga pertemuan kita hari ini membawa hikmah bagi kita semua, dan kita dapat melakukan aktivitas ibadah sebagaimana dianjurkan Rasulullah di bulan ramadhan," pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Kakankemenag Muba Win Hartan SAg MAg.

Sebelumnya pada Syiar Safari Ramadhan 1443 H Pemkab Muba yang turut dihadiri oleh Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Frederika Beni Hernedi, Forkopimda, Para Asisten dan Kepala Perangkat Daerah Muba ini, dilakukan pula penyerahan berkas Hasil Rembuk Aktivis Muba oleh Satoto Waliun kepada Plt Bupati Muba Beni Hernedi.

Share To:

redaksi

Post A Comment: