Sekayu, Infosekayu.com  – Dalam inpeksi mendadak (sidak) ke distributor dan mini market, di wilayah Kecamatan Sekayu, Rabu (13/4/2022). Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang menemukan produk bahan kue, minuman dan alat kosmetik asal China tidak memiliki izin maupun kadaluwarsa.

Sidak tersebut digelar BBPOM Palembang, bersama pemda diantaranya Dinas Kesehatan, Satpol PP, Ketahanan Pangan, Disperindag dan Kepolisian melakukan pengawasan menjelang hari raya Idul Fitri dan Ramadhan dengan sasaran produk pangan

“Yang kita awasi itu sarana distributor dan swalayan ataupun retail, kita melihat bagaimana produk-produk pangan dijual oleh para distributor maupun swalayan atau minimarket, ” ungkap Kepala BBPOM Palembang, Zulkifli kepada awak media.

Dimana nanti dilihat, menurut dia, apakah ada produk tidak berizin, kemasannya rusak, kadaluwarsa dan penataan letak barang yang dijual.

“Jangan nanti makanan diletakkan berdekatan dengan bukan makanan, hal inilah kita lakukan pada hari ini dengan meninjau kepada dua distributor dan satu minimarket untuk melindungi masyarakat Muba dalam mengkonsumsi pangan yang dijual, ” jelasnya.

Lanjut Zulkifli, saat sidak di distributor tadi ditemukan hanya tata letak penataan, termasuk terkait izin tempat. Namun hal itu diserahkan ke Pemda karena itu tanah mereka, pihaknya hanya berhubungan dengan pangan. Sedangan dalam sidak di minimarket, ada beberapa produk yang didapatkan seperti alat kosmetik asal China, bahan kue, pewarna makanan yang tidak memiliki izin, dan minuman expired.

“Semuan produk itu kita amankan dulu, disita untuk dicek dengan data BBPOM, karena tadi ada bahan kue bertuliskan BBPOM, tapi ketika dicek melalui aplikasi tidak tarcantum. Makanya disita kita pastikan dulu, kalau perlu kepihak perusahaannya dikonfirmasikan, ” tegasnya.

Selain itu, perlu disampaikan juga, masyarakat sendiri bisa mengkroscek secara langsung terkait izin edar dan kadaluwarsa melalui aplikasi yang ada di play store cari saja Cek BPOM. “Jadi masyarakat bisa cerdas dalam memilih dan berbelanja, ” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariusmansyah menambahkan, pihaknya sendiri sifatnya mendampingi giat dari BBPOM yang mana mereka melakukan sidak bahan pangan dibeberapa swalayan dan distributor.

Sumber : palpres.com

Share To:

redaksi

Post A Comment: