Musi Banyuasin, -Warga desa Karang Rejo kecamatan Lalan kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), kembali kedatangan gajah di kampung mereka. Bahkan lahan pertanian atau kebun warga rusak akibat ulah gajah liar tersebut. 

Beberapa kali warga melihat gajah memasuki kampung mereka, terutama pada malam hari seperti pada Kamis (5/5) dan Jumat (6/5) kemarin. Bahkan dalam salah satu video yang beredar, terlihat warga mengusir gajah yang masuk ke areal pertanian dengan menggunakan sepeda motor.

Camat Lalan, Andi Suharto SSTP mengatakan, kendati sudah berapa kali diusir warga, gajah liar tersebut selalu. kembali ke arel pertanian dan memakan tanaman padi dan kelapa milik warga.

"Gajah ini geraknya malam hari. Kalau siang balik ke areal PT Raja Palma," ujarnya saat dikonfirmasi Sabtu (7/5).

Tanpa berniat menyakiti gajah tersebut, lanjut Andi, warga setiap hari menggiringnya masuk ke areal PT Raja Palma. Namun masih saja setiap malam gajah masuk ke areal persawahan.

Alhasil jejak kaki hewan mamalia besar ini pun terlihat di beberapa petak sawah warga. Kendati tidak banyak yang rusak, namun jika dibiarkan kerusakan akan meluas.

"Berbagai cara dilakukan warga untuk mengusir gajah yang sepertinya anakan tersebut. Seperti berteriak, membunyikan kentongan dan digeber pakai motor. Namun gajahnya selalu kembali lagi," tuturnya.

Andi menambahkan, pihaknya juga sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan BKSDA Sumsel terkait masuknya gajah ke pemukiman warga. Namun sejauh ini belum ada tindakan.

“Biasanya memang kawanan gajah ini masuk ke areal warga di awal tahun, tapi bukan di Karang Rejo. Tapi di desa Mulya Agung,” ungkapnya. (Gatra)

Share To:

redaksi

Post A Comment: