Serasan Jaya, infosekayu.com -Tahapan - tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin sudah dilaksanakan dengan baik oleh KPU Kab. Muba.

Hal ini tak lepas dari agenda blusukan dan kunjungan KPU Kab. Muba yang dipimpin oleh H. Ahmad Firdaus Marvel's, SE, M.Si beserta jajaran Komisioner dan Sekretariat KPU Kab. Muba.

Seperti blusukan dan kunjungan Ketua KPU Kab. Muba,H. Ahmad Firdaus Marvel yang didampingi sekretaris KPU, Nurmilah, S.Ip dan staf ke Kepala Polres Muba jumat (13/01) pukul 08.30 WIB diruang Kapolres Muba.

Rombongan KPU diterima langsung oleh Kapolres, H. Julihan Muntaha, S.Ik, M.Si yang didampingi Kasat Intel AKP. Metro Haryadi, SH. Menyampaikan bahwa komunikasi yang baik selama ini sudah berjalan dengan baik. Bahwa KPU selama ini setiap kegiatan dan tahapan selalu melibatkan Kepolisian untuk pengamanannya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan koordinasinya datang ke Markas Kami," ujar Julihan.

Kami akan mendukung penuh KPU Kab. Muba, ujar H. Julihan yang merupakan Kapolres salah satu putra asli sumatera selatan ini.

Dalam kunjungan ke polres muba, H. Ahmad Firdaus Marvel menyampaikan kepada Kapolres dan Kasat Intel, terimakasih atas bantuan pengamanan pilkada Muba, terbukti saat ini proses demokrasi di Muba terlihat lancar dan tidak adanya masalah yang mengganggu proses dan tahapan Pilkada Muba.

Selanjutnya, maksud kunjungan kami ke Polres adalah meminta pengamanan dari Kepolisian terkait. Kedatangan Surat Suara yang pada hari ini (kemarin-red) berjumlah 478.632 berangkat dari tempat percetakan PT. Macanan Jaya Cemerlang di klaten hari Jumat, yang diperkirakan sampai pada hari minggu, 15 Januari 2017.

Termasuk perencanaan Pelipatan dan sortir serta Distribusi surat suara dari Kantor KPU ke Kecamatan (PPK) dan Desa (PPS) meminta mekanisme pengamanan.

"Serta tak lupa mekanisme pengamanan kegiatan debat kandidat tanggal 16 Januari 2017 di Gedung Wanita," Ujar Firdaus.

Menanggapi semua koordinasi KPU, Kapolres langsung memanggil Kabag Ops. Kompol Janton Silaban, S.Ik dan KBO Iptu Suparmo dan memanggil Kasat Intel, AKP. Metri Haryadi, SH, dan KBO AKP Junarto, SH serta perwakilan Brimob Polda Sumsel. AIPDA Tumisan.

Dalam rapat pembahasannya. Pada saat proses kedatangan surat suara ruangan akan dikunci dengan 3 Gembok kunci, satu dipegang KPU, satu dipegang pihak Panwaslih dan lainnya Pihak Polres Muba. Pelipatan dan sortir akan dilakkan oleh pihak KPU disaksikan Polres dengan 3 Shif, setiap shif ada 10 petugas, yang dilakukan mulai 18 Januari s.d 6 Februari 2017 dari pukul 08.00 Wib sd 17.00 Wib.

Distribusi surat suara dari KPU pada tanggal 8 Februari 2017 dibawa oleh PT. POS dengan pengawalan 4 orang setiap truk ditambah petugas KPU dan Panwas. Ke Kecamatan (PPK) yang akan diterima PPK disaksikan Camat, Kapolsek dan Koramil dengan dibuat berita acara Selanjutnya sekitar tanggal 10 Februari 2017 dikawal ke Desa dan diterima PPS disaksikan Kades, Babinkamtibmas, Babinsa dan terakhir tanggal 13 Februari 2017 disampaikan ke TPS seluruh muba.

Terakhir, terkait pengamanan Debat Kandidat, Polres menurunkan 250 petugas yang terdiri dalmas, lantas, sabhara, intel, reskrim, juga brimob dan polda menurunkan tim brimob beserta petugas metal detector door 2 pintu dan 4 metal detector hand, dan tim Jihandak Bom untuk antisipasi keamanan. (red/yud).
Share To:

redaksi

Post A Comment: