Jakarta, Infosekayu.com - Beberapa Kepala Daerah di Kabupaten/Kota di Indonesia, Jumat (21/7) secara resmi mendeklarasikan komitmen untuk mendorong terciptakan pembangunan lestari di tingkat kabupaten yang mendukung agenda prioritas nasional Republik Indonesia menuju pembangunan berkelanjutan di Main Lobby Hall B Jakarta Convention Center. 
 
Adapun Enam Kabupaten yang mensepakati deklarasi LKTL tersebut yaitu Kabupaten Rokan Hulu, Musi Banyuasin (Muba), Siak, Sigi, Labuan Batu Utara dan Sintang.
 
Salah satu isi dari tegasan deklarasi LKTL yaitu, mendorong percepatan pembangunan kabupaten secara berkelanjutan yang menyeimbangkan aspek ekonomj, sosial dan lingkungan dengan fokus pada tata kelola lahan baik di dalam dan antar kabupaten dengan target efisiensi pendapatan daerah, pengentasan kemiskinan dan kesiapan menuju penurunan laju deforestasi.
 
Melalui deklarasi yang telah disepakati, Pemkab Muba sendiri berkomitmen untuk menjaga serta melestarikan hutan dan lingkungan hijau di Kabupaten Muba, wujud nyata terus diperkuat oleh Pemerintah Muab, terlebih Kabupaten Muba menjadi salah satu Kabupaten di Sumsel yang mendukung untuk mewujudkan Pertumbuhan Hijau (Green Growth). Demikian diungkapkan Bupati Muba, H Dodi Reza Alex di sela diskusi yang turut didampingi Wakil Bupati,  Kepala Bappeda, Kepala Disbun, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, dalam rangka menghadiri Kerjasama Lingkar Temu Kabupaten Lestari Pada Kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2017.
 
"Pemkab Muba tidak akan fokus saja dengan rencana-rencana dalam upaya menjaga lingkungan dan hutan tetapi juga akan fokus dengan mengedukasi masyarakat pedesaan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, dengan tetap mempertahankan sumber daya dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan fisik dengan tidak merusak ekologi," ujar orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini.
 
Sementara itu, secara tertulis isi deklasi LTKL mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan komitmen tersebut, kami menyerukan langkah-langkah aksi yaitu, Membentuk LTKL yang merupakan kemitraan terbuka berbasis keanggotaan kabupaten sebagai salah satu langkah strategis dalam mendorong percepatan pembangunan kabupaten secara berkelanjutan yang dapat didukung oleh pemangku kepentingan sebagai mitra. Kemudian kegiatan LTKL dengan prinsip dasar kolaborasi menciptakan dampak nyata dan memastikan keseimbangan antara lingkungan, sosial dan ekonomi.
 
Dalam sambutan Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Nurdin Abdullah menyampaikan apresiasi atas berlangsungnya kesepakatan deklarasi ini, berharap setelah diskusi ini ada rekomendasi bagi pimpinan daerah untuk kedepannya bisa menjadi contoh model daerah yang memprioritaskan menuju pembangunan berkelanjutan termaduk target penurunan emisi, Sustainable Development Goals dab transparansi, partisipasi dan akuntabelitas pada sektor pelayanan publik melalui kerjadama dan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait.
 
Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri utusan khusus Presiden Bidang Penanganan Perubahan Iklim Rahmat Witoelar, Deputi II Kantor Staf Presiden Yanuar Nugroho, Plt Irjen Kementrian Desa Ahmad Erani Yustika, Sekjen Apkasi Nurdin Abdullah, Dirjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno, perwakilan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Budi Surya, Direktur Pemasaran  Nasional Kementerian Pertanian Dedi Junaedi, Bappenas Medrizal, dan Bupati Kabupaten Sintang Jarot Winarno. (Melati_ RedBMuba)
Share To:

redaksi

Post A Comment: