Infosekayu.com - Gerakan pramuka adalah merupakan wadah atau organisasi yang membina mental sekaligus kemampuan anggota dan peserta didiknya untuk menjadi manusia yang berkualitas, kompeten, bertanggung jawab, mandiri dan berakhlaqul karimah. Kegiatan Pramuka mempunyai tujuan agar peserta didik dapat berkegiatan dengan positif, mampu membentengi dari hal-hal yang negatif, dan mau berbagi serta berprestasi.

Sebagai wujud partisipasi membentuk generasi yang berkualitas maka Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan bermaksud menyelenggarakan kegiatan lomba Pramuka dengan tujuan menggali potensi dan bakat anggota pramuka.adapun bersamaan dengan mempringati hari pahlawan dan kesaksian pancasila.

Kwarran Tungkal Jaya ini telah mengadakan kegiatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Pahlawan secara online melalui  kantor utama di Bumi Perkemahan Pandu Kinasih Sumber Harum, Kecamatan Tungkal Jaya, Musi Banyuasin sejak tanggal 10 Oktober – 2 November 2020. 

Tema kegiatan ini adalah “The Pandemic will not hinder our activities, dengan berOnline pun kita bisa berkarya”. Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang kebersamaan Pramuka siaga, penggalang & penegak, serta meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, kreativitas dan kepribadian anggota pramuka. Kegiatan ini diikuti ribuan peserta dan bindam dari berbagai pangkalan SD, SMP, dan SMA dalam lingkup Tungkal Jaya, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, hingga terdapat pangkalan dari Bekasi, Jawa Barat.
Tak pernah ketinggalan, kontingen Ambalan Ki Hajar Dewantara dan RA Kartini SMA Negeri 2 Tungkal Jaya, Musi Banyuasin, pun antusian untuk unjuk bakat mengikuti kegiatan ini. Dan akhirnya berhasil menyabet berbagai trofi di semua cabang lomba Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Pahlawan, Kwarran Tungkal Jaya, Kwarcab Musi Banyuasin, Kwarda Sumatera Selatan

“Alhamdulillah adik-adik Penegak SMA Negeri 2 Tungkal Jaya mendapat semua juara di semua cabang lomba dan menjadi Juara Umum. Ini merupakan hasil kerja keras semua adik-adik dan  pembina pendamping yang selalu semangat” jelas Musta’in, S.Pd., MM., Kamabigus Gudep SMA Negeri 2 Tungkal Jaya.
Kontingen yang didampingi oleh Kak Nanang Rimbo, Kak Tito Nurdiyanto, Kak Luki Anggraini, Kak Indah Dwi Lestari, dan Kak Ela Sari ini mengirimkan empat sangga yang terdiri dari dua sangga putra dan dua sangga putri.

“Kita bersyukur karena meskipun pada masa pandemi COVID-19 ini. adik-adik Penegak tetap bersemangat untuk mengikuti kegiatan dan memenangkan lomba” jelas Tito Nurdiyanto sekali pembina pendamping.

Beliau pun mengungkapan keberhasilan ini menunjukkan bahwa Gudep SMA Negeri 2 Tungkal Jaya memang pantas mendapatkan prestasi, karena sesuai dengan keberhasilan sebelumnya yang mendapat Akreditasi Gudep A. Semoga adik-adik Penegak SMA Negeri 2 Tungkal Jaya semakin bersemangat untuk meraih pretasi-prestasi lainnya diajang yang lebih tinggi. Adik-adik meraih 9 trofi dari 11 cabang lomba yang dilaksanakan. Dimulai dari Juara 1 Video Anti Narkoba, Juara 1 Senam Kreasi Komando, Juara 1 Lomba Menyanyi, Juara 1 Putra Puisi Pahlawan, Juara 1 Lomba Puisi Pahlawan, Juara 1 Putra Stand Up Comedy, Juara 1 Putri Stand Up Comedy, Juara 3 Putra Melukis Pahlawan, dan Juara 2 Putri Melukis Pahlawan.

Disampaikan oleh salah satu Pinsa Putra sekaligus Ketua Ambalan Ki Hajar Dewantara Pramuka SMA Negeri 2 Tungkal Jaya, Joko Bintoro pun mengatakan kegiatan ini sangat menggembirakan untuk memeriahkan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Pahlawan, terutama pada masa pandemi seperti ini. Ditambah lagi kami mendapatkan juara berbagai cabang lomba dan juara umum. 

Semoga kedepan Penegak SMA Negeri 2 Tungkal Jaya semakin menunjukkan dan mempertahankan bahkan meningkatkan eksistensinanya di ajang-ajang bergengsi masa mendatang. Aamiin. 
Share To:

redaksi

Post A Comment: