Palembang, Infosekayu.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi baru saja meluncurkan kartu member LRT Palembang, yakni Kartu Bank Sumsel, di Palembang pada Minggu (27/2).

Kartu member ini bisa digunakan masyarakat Wong Kito Galo untuk bepergian menggunakan moda transportasi LRT Palembang dan angkutan umum yang sudah terintegrasi dengan LRT. Peluncuran ini dilakukan dalam rangka menjadikan Palembang sebagai percontohan Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum.

Dalam acara peluncuran, Menhub Budi Karya mengungkapkan dengan adanya kartu tersebut, naik transportasi berbagai moda di Palembang kinin cukup membayar tiap bulan saja.

"Jadi ini Pak Gubernur, sekarang kita resmikan yang namanya Kartu Bank Sumsel yang harganya Rp 25 ribu satu bulan. Jadi 25 ribu dari ujung ke ujung," ujar Budi dalam acara peluncuran yang disiarkan virtual, Minggu (27/2).

Budi menjelaskan, kampung halamannya itu dipilih sebagai percontohan lantaran lebih dulu memiliki LRT bahkan daripada Ibu Kota DKI Jakarta. LRT di Palembang sudah beroperasi sejak digelarnya Asean Games pada 2018 lalu.

"Jadi hanya dengan Rp 25 ribu, mau bolak balik boleh," sambung Budi Karya.

Pada acara peluncuran tersebut, juga dibagikan sebanyak 5 ribu kartu kepada masyarakat hingga pelajar. Budi Karya mengajak agar masyarakat bisa memaksimalkan penggunaan transportasi umum ke depannya.

Penggunaan transportasi umum ini dinilai sebagai keniscayaan untuk menuju visi Indonesia emas 2045. Selain mengurai kemacetan, penggunaan transportasi umum juga lebih aman dan bisa menekan jumlah kecelakaan lalu lintas.

"Jadi Palembang ini memang kita akan jadikan model angkutan umum. Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum secara nasional akan kita lakukan, jadi nanti ada kereta, ada by the service dan sebagainya," pungkas Budi,

Share To:

redaksi

Post A Comment: